.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Jumat, 18 Oktober 2013

Hai Akuntansi

Aku yang selama mengenakan putih abu-abu berkecimpung dengan dunia fisika, kimia, biologi, dan matematika kini saat duduk di bangku perkuliahan dipertemukan dengan lawan-lawan mereka. Akuntansi dan teman-temannya. Spesialisasiku di STAN memang bukan Akuntansi, spesialisasiku adalah Kebendaharaan Negara. Tapi aku juga belajar pengantar akuntansi sebagaimana mahasiswa spesialisasi lainnya. Yang kutahu akuntansi itu tentang pencatatan keuangan, itu saja. Benar-benar buta. Terbiasa bergaul dengan pelajaran ipa, otomatis aku berpikir ipa lebih seru daripada ips. Kalau opini yang termashur di kalangan abege-abege sih katanya pelajaran ips itu lebih mudah daripada ipa. Tapi dari dulu aku nggak terlalu peduli dengan opini macam itu karena pada dasarnya kan tiap orang punya bidangnya masing-masing yang nggak bisa diganggu gugat.
Sebelum masuk kuliah emang aku agak santai sih karena belum tau karakter matkul-matkulku nanti. Daaaan begitu aku udah merasakan euforia awal setiap matkulnya, aku punya 2 kesan penting! Catet ya 'penting'!
Asik! dan Ngantuk.......... 
Serius loh itu dari lubuk hatiku yang terdalam. Dosenlah yang punya andil besar dalam 2 kesan itu. Terutama 'ngantuk'. Pak, Bu, jangan bimbing kami ke alam bawah sadar...wkwk. Tapi ngantuk itu cuma sesaat banget sebenernya. Nggak lebih dari 15 menit deh. Tapi 15 menit tuh berasa banget kalau ngantuk. Tau-tau udah sempet hilang kesadaran aja dalam beberapa detik. Untung nggak bablas sampe beneran lelap. Atau mungkin belum...


Pengantar Akuntansi. Matkul ini matkul pertama yang aku terima. Hari selasa, dimulai jam 08.00 WIB, 3 SKS (1 SKS = 50 menit). Dosen masuk. Perempuan. Masih muda. Kerudung pink (kesan pertama bener-bener nancep dalam ingatan). Jutek. Perkenalan, inisial EM. Ngabsen dan nanya-nanya. Kegiatan tadi berlangsung ga sampe 50 menit. And it means kita masih punya waktu banyak untuk ber--senang-senang/sedih-sedih. Dari sd sampai sma kayaknya aku nggak pernah deh dapet pelajaran yang jam mata pelajarannnya lebih dari satu setengah jam per harinya. Oke ini kuliah. #kuliahitukeras. Tapi subhanallah......nggak berasa banget tau-tau selesai 3 SKS. Kenapa nggak berasa? Soalnya aku pusyiingg haha. Kuliah pertama udah bener-bener langsung to the point belajar. Kabar baiknya, nggak cuma aku kok yang mukanya celingukan karna masih kegok sama akuntansi. Berbahagialah teman-temanku yang dari jurusan ips apalagi yang smk-nya jurusan akuntansi apalagi yang udah sempet kuliah jurusan akuntansi. Yaa kamilah anak-anak dari ipa yang mukanya jadi sok-sok melas gitu. Ke-pusyiingg-an kita itulah yang ngebuat mata terus menatap sang dosen+buku super tebelnya+tinta spidol yang tertuang di papan tulis, ngebuat terlinga nggak mau kelewatan 1 huruf pun dari mulut Bu EM, dan ngebuat tangan, pulpen, dan buku selalu siaga berkoordinasi nyatet apa yang didapet mata juga telinga. Tapi kalau udah mulai ngerti, ternyata akuntansi itu lumayan asik yeay!


Pengantar Ilmu Hukum. Aaaaak dosen ini dari mukanya aja udah keliatan ramah banget. Beliau laki-laki paruh baya yang humoris. Matkul ilmu hukum sih buatku fifty:fifty, ada bagian-bagian yang seru dan ada juga yang kurang menarik. Walaupun cuma 2 SKS, aku masih suka sempet ngantuk ehehe.


Aplikasi Komputer. Jujur aja dalam 3 pertemuan belum sempet belajar aplikom nih. Pertemuan pertama cuma perkenalan aja. Sumpah dosen paling asik deh nih! Udah punya anak 1 tapi awalnya aku kira belum nikah malah, abis badannya nggak terlalu besar dan emang masih muda keliatannya. Karena masih muda ini kali ya jadi interaksi sama kita-kita jadi asik, keep gaul ya Bang! Pertemuan kedua sama ketiga, Beliau izin nggak hadir karena sibuk ngurus pendaftaran CPNS di STAN.

Statistika. Oh jadi gitu toh pelajaran statistik.... Dosennya pinterrrrr (yaiyalah dosen pinter). Beliau selalu buat buku. 

Pengantar Ilmu Ekonomi. Selain pengantar akuntansi, matkul ini juga menguras otak dan waktu kami selama 3 SKS tiap pertemuannya. Ada saat-saat ngantuk di sini... Tapi aku berusaha menyibukkan diri dengan mencatat supaya meminimalisir (bukan menghilangkan karena kecil kemungkinannya) ngantuk. Ekonomi ya belajarnya ekonomi-ekonomi gitu #plak. Buat semester 1 masih microeconomy.

Manajemen. JENGJENGJENGJENG!!!!!!!! This is The Most Wow Part. Materinya sih ya umumlah layaknya materi manajemen yang lain. Tapi dosennya itu loh yang bikin mahasiswanya selalu semangat. Kita nggak kenal kata 'ngantuk' di sini. Padahal kita berkutat selama 150 menit alias 3 SKS. Dosenku ini awewe, nggak muda juga belum tua. Pertama kali masuk aku yakin anak-anak sekelas pasti udah berancang-ancang nggak akan macem-macem, karena kita semua pasti mikir Beliau killer. Emang itulah kesan pertama kita semua. Beliau juga mengakuinya. Tapi yaampun nggak nyanga banget aku sekarang men-cap Beliau jadi dosen terkeren. Pembawaannya serius tapi santai, bercanda pun sering. Beliau sangat menghargai kami selaku mahasiswa begitu pun kami juga harus menghargai Beliau. Dari yang awalnya aku kira aku akan males banget sama matkul ini, sekarang jadi pengennya belajar manajemen terus <3 


Pendidikan Agama. Alhamdulillah dapet matkul agama. Ada spesialisasi lain (contoh: akuntansi, pajak) yang nggak dapet matkul agama dan pkn, tapi dapetnya bahasa indonesia dan bahasa inggris. Alhamdulillah dituntut menghapal surat. Alhamdulillah dosennya bersahaja, tenang, dan humoris.

Pendidikan Kewarganegaraan. Super ngantuk. Ampun Pak T.T

Ya itu dia 8 mata kuliahku selama tingkat 1 semester 1. Emang sih dari jaman batu juga semua orang merasakan hal yang sama terkait kecintaannya pada suatu pelajaran dilatarbelakangi peran pengajar yang sangat besar. Overall alhamdulillah bersyukur banget dapet dosen-dosen yang luar biasa hebat di bidangnya dan luar biasa baik. Merekalah yang mengajarkanku bagaimana membuat membuat balance sheet dalam penjurnalan, menunjukkan padaku wajah-wajah koruptor Indonesia yang sebelumnya mana kutahu, menyajikan data sejelas mungkin (manipulasi), menjelaskan apa itu opportunity cost, mengenalkan untuk apa manajemen diperlukan, memberi quote-quote dahsyat, dan sebagainya.

Siapa bilang aku tidak rindu belajar mekanika fisika? Aku rinduuuuuu. Namun rindu hanya sebatas rindu. Pikiran dan keinginan belajar ipa khususnya teknik sudah mengikis. Here I am. Apa yang aku dapatkan sekarang di luar batas hasratku dulu. The Best way from The Best Screenwriter.



2 komentar:

  1. tjieelaahhhhh kangen fisika >< Aku sama sekali gak kangen fisika nih pertanda apa? wkwk ><

    BalasHapus