.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Minggu, 11 November 2018

Edelweis ala Gunung Papandayan

13-14 Oktober 2018. Saatnya musim hujan namun nyatanya matahari masih gagah di singgasana langitnya.

-Sebut saja rombongan Panda-
Rombongan panda terbagi menjadi 2 menuju Garut. Rombongan 1 berangkat dari Jakarta, rombongan 2 berangkat dari Cikarang. Aku orang Tambun yang kerjanya di Jakarta ikut rombongan mana? Awalnya pengen ikut yang Cikarang, biar pulang dulu, tapii bis yang tersedia dari Cikarang menuju Garut paling terakhir berangkat jam 18.00. Ga bakal kesampeaan.. Yauda berarti dari Jakarta, udah rencana mau nyicil bawa carrier dan isinya ke kantor beberapa hari sebelum Jum'at. Eeeh di hari Rabu dapat undangan ke Serang, Banten. Jadilah Kamis dan Jum'at ke Banten. Terus Jum'at siangnya cuss ke rumah menempuh waktu kurang lebih 3 jam heuheu masih sempet sebelum maghrib. Nyampe rumah malah mati listrik..jengjeng.. hilanglah angan-angan ngaso-ngaso dulu, yang ada mah gerah..

Pukul 17.30-an dah sampai di Terminal Cikarang, langsung naik bisnya. Rombongan Cikasela malah belum datenggg. Degdegserr aja takut mereka telat. Akhirnya Alfin dan adik-adik(an)nnya dateng.
Melajulah kita menuju Garut. Tentunya di jalan kita sibuk tidur, tau-tau tengah malem dah sampai Garut, turun bis. Singkat cerita, kita nginep di rumah temennya Alfin pegawai Cikasela juga. Alhamdulillah ada tempat bernaung, di kasih makan banyak nan bergizi pula, semoga berkah untuk keluarganya.. :)

Besok paginya, Sabtu, sholat subuh, langsung mandi. Bangunin adik-adik Cikasela (yang kebetulan cowok semua) untuk kita paksakan mandi pagi juga. Jam 6 kita udah pada siap, tinggal sarapan. Setelah sarapan, kita menunggu dan menunggu... Menunggu rombongan Jakarta tiba di Garut. Yang ditunggu ternyata terkena macet parah, Kasiaaan, mana mereka nyewa mobil, yang berarti di antara merekalah yang nyetir. Masih sambil menunggu, ngobrol, nyemil, adik Cikasela kayaknya malah ada yang tidur lagi wkwk, sampai sekitar pukul setengah 11an dapet kabar rombongan Jakarta dah sampe di tempat ketemuan, alias di tempat penyewaan alat-alat gitu. Lansung cus maricus kita ke sana.

Sampai di tempat kumpul, kita berkenalan dulu. Karena aku pribadi cuma kenal 3 orang doang dari rombongan ini. Dan! orang yang mempertemukan serta menyatukan  kita, yang merupakan otak pendakian ini malah ga ada, doi di Palu dan ga ngasih tau kita semua -_- Tapi ntar dia nyusul deng.

Setelah rombongan Jakarta mandi dan makan siang, kita cuss menuju Gunung Papandayan. 2 mobil beriringan. Sampai basecamp kita sholat dzuhur di jamak qashar sama ashar. Siap-siap. Putu-putu dulu tentunya :D

Lupa jam berapa, kita mulai naiiik.. Betewe ini udah jadi tempat wisata gais. Jadi rameee bangett. Tua-muda-laki2-perempuan-bule-lokal-gamis-celana ada :D Tiket masuknya 65k. Awal-awal jalan kita dihadapkan pemandangan kawah dan aroma telur rebus belerang yang menyengat. Dan jalanannya udah tangga cuy, rapi. Tapi justru karena tangga malah cepet bikin capek gaksi..

Menyusuri tangga sampailah di area yang datar kayak lapangan gitu trus kita istirahat sambil nyemil-nyemil cantik ganteng

Jalan lagii, eh udah di Hutan Mati. Keren cuyy masyaaAllah... Betewe ini kita pake jalur yang cepet gitu deh gais jadi ya alhamdulillahnya cepet wkw

my partner 3 kali naik gunung

tas beruang sampe juga kamu nak ke gunung

Cuss lagi jalan, sampai di camp Pondok Saladah. Tapi kita ga ngecamp di situ, kita jalan lagi ke Camp Ghoberhoet

Sampe di Ghoberhoet, pasang tenda n masaaak. Ada indomie, baso, sosis, cilok, apel, boncabe :D

Karena ini udah tempat wisata ya, ga perlu pusing kalau ga bawa makanan, karena ada warung-warung yang bahkan menjual nasi goreng harga 15k! Seperti di daratan pada umumnya wkwk Apalagi kamar mandiiii, beuh gausah pusing, air melimpah alhamdulillah.
Malemnya kita masak-masak lagi, foto-foto dengan bintang (padahal mah gelap, ga keliatan), ngobrol, nyanyi sambil ada yang main ukulele, lalu tidurrrr...

Malem itu tersusah banget ku tidurrr. Bangun-bangun terus pula. Ciwi-ciwi lain dah mimpi kali, aku masih ngadep sana ngadep sini cari posisi yang bikin ngantuk. Ga nyenyak..
Tengah malem gatau jam berapa kebangun gara-gara si Jamil baru dateng dong, Dia masak indomie, nyayi, dan ngobrol sama sala satu cowok. 3 dari 4 cewek ternyata kebangun juga dan malah sengaja ga sengaja ngedengerin tu cowok berdua ngobrol wkwkwkwk XD

Subuh-subuh kita terbangun, disergap dingin, sholat subuh di (semacam) mushola. Airnya udah kayak air es cuy, yaqin.
It's time to sunrise:D

Abis itu sarapaaan..

Sekitar jam 8 pagi cuss balik lagi lewat Pondok Saladah menuju Padang Edelweis. Suatu kesalahan terbesar di pendakian ini menurutku adalah mengapa oh mengapa kita bawa carrier menuju padang Edelweis, sedangkan itu jalur bener-bener nanjaknya justru di situ dan bisa aja carriernya gausah dibawaaa :") Setelah nanjak-duduk-nanjak-duduk tinggal dikit lagi ke puncak, carriernya kita tinggal dong di jalan wkwkw Dijagain deng sama temen yang ga sampai padang edelweis..
Sampai di Padang Edelweis tuh masyaaAllah mantabsss

Sayangnya bunga Edelweisnya ga mekar karena masi kemarau T.T belum rejeki...mungkin lain kali xD

Udah deeh abis itu kita turuun, sesekali  seringkali poto-poto.. Penambah motivasiku dan Alfin turun tentu saja nutrisari jeruk dingiin u,u

Sampai bawah ternyata rombongan Cikarang dah dijemput sama mobil yang kita sewa. Alhasil cepet-cepet mandi, ga sempet makan siang, naik mobil dianter ke terminal Garut. Nyampe terminal rencananya mau makan dulu eeh ngeliat Bis jurusan Bekasi dah siap berangkat langsung ngebis dehh.. Sampe Bekasi malem besoknya kerja :) mantabss!

Seneng waktu itu cuacanya bener-bener bersahabat :') Tidak hujan tidak pula berangin.
C u when i c u Mount Papandayan and rombongan panda!